Agustus 04, 2016

>> Pantai Kuta Bali Menawan dengan Hamparan Keindahan Pasir Putihnya

Pantai Kuta adalah sebuah tempat pariwisata yang terletak kecamatan Kuta, sebelah selatan Kota Denpasar, Bali, Indonesia. Daerah ini merupakan sebuah tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi objek wisata andalan Pulau Bali sejak awal tahun 1970-an. Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur. Selain itu, Lapangan Udara I Gusti Ngurah Rai terletak tidak jauh dari Kuta.

Bentangan luas pasir putih di pantai Kuta

Sejarah
Sebelum menjadi objek wisata, Kuta merupakan sebuah pelabuhan dagang tempat produk lokal diperdagangkan kepada pembeli dari luar Bali. Pada abad ke-19, Mads Lange, seorang pedagang Denmark, datang ke Bali dan mendirikan basis perdagangan di Kuta. Ia ahli bernegosiasi sehingga dirinya terkenal di antara raja-raja Bali dan Belanda.

Selanjutnya, Hugh Mahbett menerbitkan sebuah buku berjudul “Praise to Kuta” yang berisi ajakan kepada masyarakat setempat untuk menyiapkan fasilitas akomodasi wisata. Tujuannya untuk mengantisipasi ledakan wisatawan yang berkunjung ke Bali. Buku itu kemudian menginspirasi banyak orang untuk membangun fasilitas wisata seperti penginapan, restoran dan tempat hiburan.


Para Wisatawan mancanegara dan domestik berjemur di pantai Kuta

Pariwisata
Pantai Kuta terkenal memiliki ombak yang bagus untuk olahraga selancar (surfing), terutama bagi peselancar pemula. Selain keindahan pantai, wisata pantai Kuta juga menawarkan berbagai jenis hiburan seperti bar, restoran, pertokoan, restoran, hotel, dan toko-toko kelontong, serta pedagang kaki lima di sepanjang pantai menuju pantai Legian.

Hamparan indah Pantai Kuta

Pantai Kuta terkenal akan keindahan dan panorama alam sekitarnya. Berbagai aktifitas yang bisa pengunjung lakukan, diantaranya berjemur di pasir putih, berselancar, dan lain sebagainya. Selain itu, di area ini pula terdapat banyak pertokoan, restoran, dan tempat permandian. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk bisa memasuki area pantai Kuta. Tapi bagi yang bawa kendaraan sendiri, itu dikenakan biaya parkir. Biaya parkirnya pun tidak seberapa hanya sebesar Rp. 5000/mobil saja.

Di Pantai Kuta ini pula sering diadakan berbagai upacara keagamaan yang dilakukan oleh penduduk setempat. Acara ritual keagamaan ini sudah menjadi pemandagan biasa yang kita saksikan, dan juga bagian dari tradisi keagamaan bagi penduduk setempat. Sebagai mayoritas umat Hindu, mereka berkumpul dengan jumlah yang banyak sambil mengantarkan beberapa sesajian yang nantinya dibawah ketepi pantai kuta. Namun hal ini mengundang perhatian dan kertarikan sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang melihatnya, khususnya wisatawan dari luar negeri.

Akses

Pantai Kuta dapat ditempuh dengan waktu sekitar 10 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai dalam kondisi jalanan lancar.

Pantai kuta di Sore hari

Fasilitas
Sebagai tempat wisata pantai, pantai Kuta dilengkapi lahan parkir di sepanjang pantai, kamar mandi umum, payung pantai, kios makanan dan minuman, serta tempat penyewaan papan selancar.

Jika anda berminat untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam disekitar Pantai Kuta Bali, silahkan datang langsung yang letaknya di Jl. Pantai Kuta kabupaten Badung sebelah selatan Denpasar, ibu kota Bali. Peta lokasi dari Pantai Kuta Bali.