Agustus 14, 2016

>> 10 Lokasi Wisata Terbaik di Puncak Bogor

Puncak Cisarua, Bogor, masih menjadi salah satu primadona destinasi liburan warga Jakarta.  Lokasi yang masih mudah dijangkau serta udara sejuk dan pemandangan yang indah menjadi alasan utama warga Jakarta memilih jalan-jalan cantik ke Puncak, Bogor.  Tapi selain itu, Puncak Bogor juga memiliki tempat wisata menarik yang sayang utuk dilewatkan, berikut daftar 10 Lokasi obyek wisata terbaik di Puncak, Bogor :

1. Taman Safari Puncak

Taman Safari tidak hanya terletak di pegunungan dengan pemandangan yang indah tapi juga lengkap soal fasilitas permainan, atraksi hewan dan jenis hewan yang ada.  Memiliki lahan yang sangat luas, di Taman Safari Indonesia, anda tidak hanya bisa menikmati safari melihat hewan dan memberi makan hewan. Tapi anda juga bisa dihibur dengan berbagai atraksi hewan yang lucu-lucu mulai dari Tiger Show, Elephant Show, Various Animals Show, Birds of Prey, dan Dolphin Show.

Meskipun harga tiket nya cukup mahal, (Dewasa IDR 150rb, dan anak-anak 140rb untuk wisatwan lokal) tapi hal tersebut sepadan dengan kepuasan yang anda dapat, karena tiket tersebut adalah tiket terusan yang bisa digunakan untuk naik wahana-wahana permainan yang ada di Taman Safari. Wahana permainannya juga cukup lengkap seperti roller coaster,  kincir-kincir, untang-anting, arum jeram, wah banyak deh yang pasti bikin anak-anak senang gembira riang.


2.Taman Wisata Matahari
Taman Wisata Matahari merupakan tempat rekreasi keluarga dengan konsep “ Recreation and Education Park”.  Berlokasi Jln. Raya Puncak Km. 77 Bogor, Taman Matahari menyajikan berbagai macam wahana permainan dan fasilitas, seperti waterpark, wahana permainan air, serta akomadasi penginapan berupa hotel dan vila.  Dengan tiket masuk yang cukup terjangkau, hanya IDR 25.000, anda bisa gratis menaiki 5 wahana permainan, sisanya bayar lagi. Di Taman Matahari ini anda tidak hanya bisa mengajak anak-anak puas bermain, tapi juga bisa sambil belajar soal satwa, tanaman, dan juga terdapat taman lalu lintas.


3. Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara mungkin salah satu taman bunga terbesar yang ada di Indonesia, disini terdapat bunga warna-warni yang terdiri dari 45 juta jenis bunga.  Soal keindahan, jangan ditanya, sejauh mata memandang anda akan terpesona dengan keindahan taman ini.  Di Taman Bunga Nusantara ini, taman-tamannya ditata dengan tema yang menarik, seperti Taman Perancis, Taman Jepang, Taman Bali, Taman Labirin, Taman Mawar, Taman Air, dan Rumah Kaca (untuk rumah kaca dikenakan biaya tambahan IDR 20.000). Setiap taman tersebut ditata sesuai temanya dan sangat menawan untuk dikunjungi. Harga masuk Taman Bunga Nusantara ini cukup terjangkau, yaitu IDR 30.000 untuk usia 4 tahun keatas.


4. Agro Wisata Gunung Mas
Melarikan diri sejenak kembali ke alam dengan melihat hijaunya hamparan perkebunan teh tentu sangat menyenangkan. Agro Wisata Gunung Mas menjadi temmpat yang pas untuk menjawab keinginan diatas.  Haamparan luas perkebunan teh dengan udara pegunungan yang segar adalah kenikmatan andalan yang terdapat di sini. Tak hanya memanjakan mata dan hati, tapi anda juga bisa berkuda sambil menikmati pemandangan pegunungan.  Selain itu terdapat juga jalur trekking untuk menyusuri indahnya kebun teh ini, medannya pun tidak terlalu berat, sangat cocok untuk anda yang ingin mengenalkan alam pada anak-anak.  Harga tiket masuk Agro Wisata Gunung Mas pun terbilang murah, hanya IDR 15.500.  Bagi anda yang ingin bermalam disini, Agro Wisata Gunung Mas juga menyediakan pondokan yang menghadap langsung ke kebun teh.


5. Telaga Warna
Telaga Warna Puncak Bogor adalah sebuah objek wisata alam yang terletak di Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat. Objek wisata ini berada di dekat perkebunan Teh PTP VII Gunung Mas. Berlatar persawahan dan perkampungan penduduk dengan gunung yang menjulang tinggi menambah keindahan panorama alam yang sudah ada. Sebelum ditetapkan sebagai kawasan taman wisata pada tahun 1972, kawasan Telaga Warna Puncak Pass Cisarua – Bogor, merupakan bagian dari Kawasan Cagar Alam hutan Gunung Mega Mendung dan hutan Gunung Hambalang.  Salah satu keunikan  Telaga Warna sehingga mampu mengundang banyak wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri adalah airnya yang dapat berubah-ubah warna. Beberapa hasil penelitian yang pernah dilakukan menyatakan bahwa terdapat tujuh warna air Telaga Warna. Pantulan dari berbagai warna pepohonan di sekitar danau menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya perubahan warna tersebut.


6. Little Venice di Kota Bunga
Didalam sebuah komplek vila mewah yang bernama Kota Bunga, terdapat tempat wisata menarik yang bernama Little Venice. Sesuai namanya, Little Venice menyajikan bangunan yang bergaya Venicia lengkap dengan sebuah danau dan kano-kano yang dapat anda naiki. Pemandangan kebun teh dari kejauhan, membingkai indahnya bentuk bangunan yang ada di Little Venice. Untuk tiket masuknya sebesar IDR 15.000/orang, belum termasuk tiket wahana permainan yang ada di sana. Tapi tersedia juga tiket Fun seharga IDR 35.000/orang, dengan tiket ini bisa naik perahu gondola dan kapal missisipi.


7. Curug Cilember
Curug Cilember memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, keheningan di tengah hutan dengan udara sejuk menjadi sajian utama dari tempat wisata ini.  Selain itu,  disini juga  terdapat 12 jenis kupu-kupu lengkap dengan laboratorium penangkaran kupu-kupu.  Dengan hutan pinus yang rimbun, kawasan Curug Cilember kerap menjadi tempat pilihan untuk kegiatan hiking dan tracking.  Air terjun Cilember memiliki keunikan karena terdapat tujuh curug (air terjun) berderet yang membentuk pemandangan alam yang sungguh menggoda. Curug Cilember ini berada di kawasan hutan lindung Bogor – Puncak – Cianjur (Bopunjur) dengan ketinggian sekitar 800 meter dpl.


8. Istana Presiden Cipanas
Istana Presiden Cipanas dulunya adalah sebuah bangunan tempat tinggal milik Belanda dan sekarang digunakan untuk tempat kediaman Presiden Republik Indonesia. Dalam istana terdapat koleksi foto-foto sejarah kepemilikan gedung mulai dari jaman Belanda, selain itu ada juga museum, toko suvenir, permandian air panas, gedung Bentoel, koleksi kaktus, koleksi tanaman hias, dan halaman yang sangat luas. Yang perlu diingat adalah tidak semua area di Istana Presiden Cipanas dapat kita masuki dan foto.


9. Melrimba Garden
Berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 87, Melrimba Garden selain sebagai salah satu produsen tanaman hias yang terkenal, juga merupakan salah satu tempat wisata di Puncak dengan konsep taman natural. Dengan luas wilayah sekitar 5 hektar, Melrimba Garden menawarkan wisata keindahan alam untuk keluarga anda. Selain panoramanya yang mempesona, Melrimba Garden juga memiliki fasilitas penginapan, kolam pemancingan, kebun petik buah strawberry, lapangan rumput serba guna, sarana outbound, area permainan anak-anak, tea walk, rumah kaca tanaman hias, hingga wahana permainan luar ruangan seperti ATV dan high rope. Bagi yang membawa kendaraan, tidak perlu kuatir tidak dapat parkir karena area parkir Melrimba Garden mampu menampung 250 mobil.


10. Kebun Wisata Inkarla

Kebun Wisata Inkarla yang berada di kawasan Cibodas menawarkan perpaduan antara tanaman hias dan pemandangan gunung yang indah. Anda dapat melihat berbagai jenis bunga dengan warna yang berbeda-beda di sini, sangat menyejukan mata dan pikiran. Selain kebun tanaman hias, Kebun Wisata Inkarla juga memiliki fasilitas lain seperti kolam renang air hangat, ruangan meeting, sarana outbound, tenis meja, area permainan anak-anak, dan penginapan dengan pemandangan yang indah.