Agustus 16, 2016

>> Wisata Terkenal Kebun Raya Bogor, Harga Tiket Masuk, Petunjuk Lokasi dan Jam Buka

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu tempat wisata di Bogor yang sangat terkenal bagi masyarakat Bogor dan sekitarnya, bahkan bagi mereka yang dari kota-kota lainnya. Salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang sangat populer ini memang cukup terkenal dengan koleksi aneka tanaman langka yang jumlahnya mencapai ribuan dari berbagai spesies. Ukuran koleksi tanaman yang ada di Kebun Raya Bogor inipun juga sangat bervariasi mulai dari yang kecil hingga yang berukuran raksasa. Khusus bagi warga sekitar Kota Bogor tempat ini memang telah lama menjadi salah satu objek tujuan wisata yang wajib dikunjungi di kala musim liburan

Di Kebun Raya Bogor ini para pengunjung bisa menikmati kesejukan suasana hutan lindung yang sangat asri. Banyak sekali koleksi pohon-pohon dari spesies langka yang ukurannya raksasa, sangat besar dan sangat tinggi. Ini juga yang membuat seuasana di tempat ini sangatlah rindang. Hal-hal seperti inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisata di Kebun Raya Bogor ini, sehingga Kebun Raya Bogor ini tidak pernah sepi dari pengunjung yang selalu berdatangan saat liburan tiba. Lokasi Kebun Raya Bogor berada di alamat Jl. Ir. H. Juanda nomor 13 Kota Bogor Propinsi Jawa Barat.

Sejarah Kebun Raya Bogor.
Menurut prasasti Batutulis, Kebun Raya Bogor pada mulanya merupakan hutan buatan yang telah ada pada masa kerajaan Sunda dengan raja Prabu Siliwangi (1474-1513 M). Pada awal 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, yang mendiami Istana Bogor dan memiliki minat besar dalam botani, tertarik mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik. Dengan bantuan para ahli botani Belanda, Raffles merubah halaman Istana Bogor menjadi taman bergaya Inggris klasik. Inilah awal mula Kebun Raya Bogor dalam bentuknya sekarang.

Berikut ini adalah beberapa rute termudah yang bisa dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi berikut juga dengan peta Kebun Raya Bogor :

Kereta Api
Jika anda datang dari luar Kota Bogor dengan menggunakan transportasi Kereta Api, anda bisa langsung menuju Stasiun Kota Bogor. Dari stariun ini anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan perkotaan dengan trayek nomor 02 atau nomor 10, dan bisa langsung turun di depan pitu gerbang utama Kebun Raya Bogor.

Bus Umum
Jika anda berkunjung dari luar Kota Bogor dengan menggunakan bus umum, anda bisa langsung turun di Terminal Baranangsiang di Kota Bogor. Dan dari terminal bus Baranangsiang ini anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Kebun Raya Bogor dengan menggunakan jasa angkutan perkotaan dengan trayek nomor 06 atau nomor 13, dan bisa langsung turun di depan Pintu Gerbang Utama Kebun Raya Bogor.

Kendaraan Mobil Pribadi
Jika anda hendak berkunjung ke Kebun Raya Bogor dengan menggunakan mobil pribadi, anda bisa menggunakan jalur cepat yaitu langsung melewati jalan Tol Jagorawi. Dari sini nanti anda bisa keluar di pintu keluar Bogor. Selanjutnya silahkan menuju Jl. Raya Pajajaran, dan langsung masuk menuju Pintu Gerbang Utama Kebun Raya Bogor.

Sebagai informasi tambahan, Kebun Raya Bogor memiliki 4 Pintu Gerbang yang akan mempermudah perjalanan anda menuju ke sana :
  • Pintu Gerbang Utama : Berada di depan Pasar Kota Bogor.
  • Pintu Gerbang 2         : Berada di Jalan Ir. Haji Juanda.
  • Pintu Gerbang 3          : Berada di  pertigaan Jl. Raya Pajajaran & Jl. Jalak Harupat.
  • Pintu Gerbang 4         : Berada di seberang Institut Pertanian Bogor.


JAM BUKA DAN HARGA TIKET MASUK KEBUN RAYA BOGOR

Jam Buka Kebun Raya Bogor

  • Kebun Raya: 07.30-17.30 WIB
  • Kantor: 07.00-15.30 WIB
  • Layanan Informasi: 08.00-16.00 WIB
  • Herbarium: 08.00-15.00 WIB
  • Rumah Kaca Anggrek: 08.00-15.30 WIB
  • Toko tanaman dan Cinderamata: 08.00-15.30 WIB
  • Cafe Dedaunan: 08.00-21.00 WIB
  • Museum Zoologi: 08.00-16.00 WIB
Harga Tiket Kebun Raya Bogor
  • Wisatawan Lokal: Rp. 14.000,- / orang.
  • Wisatawan Asing Rp. 25.000,- / orang.

FASILITAS DI SEKITAR KEBUN RAYA BOGOR

Hotel dan Penginapan.
Di kawasan Kebun Raya Bogor terdapat rumah inap yang merupakan bekas rumah direktur kebun raya pada masa kolonial yang dapat disewa oleh pengunjung dengan tarif Rp. 40.000,- per malam. Tarif ini sudah termasuk  fasilitas sarapan pagi. Anda juga bisa menginap di hotel yang lebih baik yang tidak jauh dari area wisata ini seperti Amaris Bogor, Sahira Butik, Salak the Heritage, Royal hotel dan masih banyak lagi yang lainnya. Anda bisa booking hotel secara online di Agoda (kartu kredit) atau PegiPegi (bisa dengan transfer) dengan memasukkan kata kunci: “bogor”.

Rumah Makan.
Di dalam tidak ada tempat makan lain kecuali Grand Garden Cafe (dahulu bernama Kafe Dedaunan). Yang ada hanya model penjual snack dan nasi kuning atau nasi uduk model koperasi yang sudah dipak-pak plastik.

Toilet Umum.
Anda bisa menemukan toilet umum di beberapa titik. Hanya sayangnya untuk menggunakan semua toilet tersebut, Anda harus membayar biaya kebersihan.

Toko Cinderamata.
Terdapat toko cinderamata yang menjual berbagai jenis tanaman hias baik yang biasa maupun bonsai yang bisa Anda jadikan kenang-kenangan dan menambah koleksi tanaman hias di rumah Anda.


TIPS BERWISATA DI KEBUN RAYA BOGOR
  • Jika Anda membawa bayi atau balita, sebaiknya bawalah stroller agar tidak capek menggendong buah hati Anda berkeliling kebun Raya Bogor. Anda tidak perlu khawatir dengan jalanan di sana karena sebagian besar mudah untuk dilalui oleh stroller.
  • Bawalah penutup kepala seperti topi atau selendang karena walaupun udaranya terasa sejuk, namun terik matahari di pada siang hari cukup menyengat kulit Anda.
  • Sebaiknya gunakan alas kaki yang nyaman karena rutenya cukup panjang dan beberapa di antaranya berbatu. Bagi Anda para wanita sebaiknya gunakan sneaker.